WELCOME TO MY BLOG> THIS IS EDUCATION BLOG !!!

Saturday, April 27, 2019

Analisis Kisah Pipo & Embro, E-Commerce Universitas Dhyana Pura



KISAH PIPO DAN EMBRO

Embro dan Pipo adalah dua orang pemuda yang sedang mencari  pekerjaan. Suatu hari mereka menemukan lowongan pekerjaan yang membutuhkan dua orang yang sanggup untuk mengantarkan air dari mata air ke penampungan air di desa. Setelah beberapa lama mereka melakukan pekerjaan tersebut, Embro dan Pipo mempunyai pemikiran berbeda untuk mendapatkan uang yang lebih banyak. Didalam cerita Embro memiliki pemikiran untuk memperbesar embernya, sedangkan Pipo memiliki pemikiran untuk membuat saluran pipa air yang akan menyalurkan air dari mata air ke desa. Embro lebih dulu bisa mendapatkan apa yang diinginkannya sedangkan Pipo masih berusaha untuk membangun saluran pipa walaupun banyak orang yang mengejek dan tidak percaya akan hasilnya. Bulan-bulan berikutnya Embro sudah mulai kelelahan bekerja dan badannya sudah mulai membungkuk sedangkat Pipo sudah bisa menyelesaikan saluran pipa airnya dan bisa menyalurkan air dari mata air ke penampungan air di desanya tanpa perlu bersusah payah berkat tekad dan kerja kerasnya walaupun membutuhkan waktu yang lama untuk menikmati hasilnnya.


KESIMPULAN CERITA

Dari kisah Embro dan Pipo ini dapat diambil sebuah pesan bahwa setiap orang mempunyai pendapat dan cara masing-masing untuk mencapai kesuksesannya masing-masing. Maka dari itu, kita harus percaya dengan kempuan diri sendiri, tidak boleh pantang menyerah, dan jangan dengarkan kalimat-kalimat negatif dari orang lain. Dari cerita Embro dan Pipo ini kita juga mendapatkan pelajaran bahwa kita bekerja bukan hanya untuk kehidupan kita hari ini saja tetapi kita juga harus berfikir kedepan agar dikemudian hari hidup kita tidak menjadi susah. Jadi dapat disimpulkan bahwa usaha tidak akan menghianati hasil.
Kisah ini menceritakan tentang kejadian-kejadian  yang pernah kita alami di dalam melakukan pekerjaan. Sering kali kita dibutakan dengan pekerjaan karena ke egoisan yang kita miliki seakan-akan dengan penghasilan dari pekerjaan tersebut kita berusaha mencapai tujuan-tujuan kita. Ketika kita mulai merasa tujuan yang kita lakukan masih memiliki kekurangan (penghasilan) kita seakan-akan melakukan pekerjaan semaksimal mungkin. Tapi perlu kita ketahui melakukan hal seperti dengan cara kerja secara over time atau memaksakan diri secara maksimal malah akan memperburuk penghasilan! kenapa? karena setiap manusia memiliki batasan waktu walau pun diri kita merasa sanggup dan masih bisa bekerja secara over time itu adalah cara yang salah karena kita membutuhkan waktu untuk istirahat mengapa? karena kesehatan adalah kunci keberhasilan dari semua yang kita lakukan, apa lagi dengan adanya faktor usia yang harus membuat berhenti untuk memaksakan diri.

Akan tetapi kita harus berpikir cerdas dalam melakukan pekerjaan seperti yang di lakukan Pipo. Karena tidak selamanya tetap berada dalam pekerjaan yang selalu ingin menguras tenaga seperti yang dilakukan embro dan masih ada hal kecil yang dapat kita lakukan yang sangat  menguntungan bagi kita dan kepentingan orang lain. Seperti yang di lakukan oleh Pipo" ia sudah memikirkan bahwa nanti ia akan mengalami masalah kesehatan dan juga faktor usia di masa yang akan mendatang jika terus melakukan hal seperti ini. Disini dia memiliki ide yang cemerlang untuk kebutuhannya yang menjanjikan dan juga bisa bermanfaat bagi kebutuhan orang lain tanpa harus memaksakan dirinya nanti, ia pun melakukan pekerjan dengan membuat pipa saluran air  walau pun ia dihina dengan orang-orang karena usahanya akan mustahil tapi siapa yang tau akan hal itu karena keajaiban bisa terjadi kapan saja, di saat saluran pipa itu berhasil dan menghasilkan banyak penghasilan disitu pipo tidak perlu ragu akan kondisi kesehatan dan juga faktor akan usia.


MANA YANG LEBIH BAIK ? MENJADI PIPO ATAU EMBRO ?


Jadi jika saya dihadapkan dengan pilihan harus memilih menjadi karakter Pipo atau Embro, maka saya akan memilih menjadi karakter Pipo. Alasan saya memilih menjadi karakter Pipo karena karakter ini memiliki pola pikir yang jauh kedepan, dimana dia ingin menjadi kaya tetapi tidak membebankan fisiknya dan kekayaan dari jerih payahnya bisa dinikmati hingga dia tua nanti, jadi dia membuat planning untuk saluran pipa air. Walau berat diawal dan banyak cobaan serta cacian yang Pipo terima, tapi dia tetap berjuang keras dan tetap pada pendiriannya sehingga apa yang dia kerjakan kini telah membuahkan hasil dan hasil yang dia terima hingga dia tuapun masih tetap berjalan dan dirasakan olehnya. 

APA YANG SAYA LAKUKAN JIKA MENJADI SOSOK PIPO ?

Setelah saya menonton film Pipo dan Embro, saya menjadi termotivasi dengan pola pikir dari karakter Pipo ini dan dari fil tersebut saya berkeinginan untuk membuat suatu bisnis usaha. Jika saya menjadi Pipo maka saya akan membuka bisnis Nasi Jinggo. Dari segi bisnis memang bisnis ini terlihat sangat sederhana dan simpel, tetapi jika kita perhatikan secara mendalam, bisnis ini meraup sangat banyak keuntungan, baik dari penjualan nasi jinggo itu tersendiri kemudian ditambah dengan penjualan gorengan, kerupuk dan minuman.rencana saya untuk memulai bisnis ini dua tahun kedepan setelah saya lulus wisuda dan sedari sekarang saya sudah merancang dengan matang hal - hal apa yang saya akan lakukan sebelum memulai bisnis ini. Jadi sebelum memulai bisnis ini, tentunya saya akan melakukan survey tempat atau lokasi terlebih dahulu dan target lokasi saya adalah tempat – tempat yang strategis dan tentunya jauh dari pesaing yang memiliki bisnis yang sama dengan saya. Kemudian untuk planning menu yang akan saya jual, saya akan membuat nasi jinggo ayam, nasi jinggo babi, nasi jinggo sela ayam.
Setelah saya menemukan lokasi yang tepat maka saya akan mencari modal terlebih dahulu kemudian melakukan deal kontrak lahan serta mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan baik dari gerobak jualan, karpet, ingka (piring khas bali yang terbuat dari ulatan lidi), sendok, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan. Kemudian untuk strategi tambahan yang akan saya gunakan, saya akan menyediakan kuah santan hangat agar ketika pengunjung makan di warung saya mereka bisa menambahkan kuah pada nasi mereka. Untuk harga nasi jinggo akan saya kenakan Rp 5.000/ bungkus. Mungkin itulah rencana bisnis saya kedepan, mungkin usaha ini diawal belum begitu ramai dikunjungi pembeli, tapi harapan saya kedepan usaha saya ini akan menjadi ramai dikunjungi dan tentunya terkenal. Mungkin hanya sekian yang dapat saya bagikan kepada pembaca, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi pembaca, sekian dan terimakasih.






22 comments:

CP10 E-Commerce Universitas Dhyana Pura

10 Perusahaan Money Game Yang Sudah Divonis Video Perbedaan MLM, Money Game & Skema Piramid A.     Apa yang dimaksud dengan Mo...