- Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas
ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,
penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan
keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk
membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah
(low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah,
sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Pemahaman mengenai perilaku konsumen sangatlah
penting dalam pemasaran. Pemahaman akan perilaku konsumen cerdas dapat
diaplikasikan dalam beberapa hal, yang pertama adalah untuk merancang sebuah
strategi pemasaran yang baik, misalnya menentukan kapan saat yang tepat
perusahaan memberikan diskon untuk menarik pembeli. Kedua, perilaku konsumen
dapat membantu pembuat keputusan membuat kebijakan publik. Misalnya dengan
mengetahui bahwa konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat lebaran,
pembuat keputusan dapat merencanakan harga tiket transportasi di hari raya
tersebut. Aplikasi ke tiga adalah dalam hal pemasaran sosial (social
marketing), yaitu penyebaran ide di antara konsumen. Dengan memahami sikap
konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang dapat menyebarkan ide dengan lebih
cepat dan efektif. Dan juga dapat memberikan gambaran kepada para pemasar dalam
pembuatan produk,pnyesuaian harga produk,mutu produk,kemasan dan sebagainya
agar dalam penjualan produknya tidak menimbulkan kekecewaan pada pemasar
tersebut.
Peran
Perilaku Konsumen :
- Initiator, adalah individu yang mempunyai inisiatif pembelian barang tertentu.
- Influencer, adalah individu yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Informasi mengenai kriteria yang diberikan akan dipertimbangkan baik secara sengaja atau tidak.
- Decider, adalah yang memutuskan apakah akan membeli atau tidak, apa yang akan dibeli, bagaimana membelinya.
- Buyer, adalah individu yang melakukan transaksi pembelian sesungguhnya.
- User, yaitu individu yang mempergunakan produk atau jasa yang dibeli.
Ciri-Ciri
Perilaku Konsumen yang Bersifat Rasional :
- Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan.
- Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen.
- Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin.
- Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen.
- Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi di media cetak maupun elektronik.
- Konsumen memiliki barang-barang bermerk atau branded yang sudah dikenal luas.
- Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan gengsi atau prestise.
- Riset Pasar
Riset pasar adalah sesuatu yang sangat penting
dalam bisnis sebab dengan riset pasar akan diketahui apa saja yang diperlukan
pasar atau masyarakat dan juga mengetahui para pesaing bisnis. Dengan
diketahuinya apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan juga pesaing yang ada
dapat membuat produk ataupun jasa yang sesuai dengan pasar dan dapat membuat
produk atau jasa dapat bersaing di pasaran.
Dengan riset pasar dapat diketahui pula siapa saja
yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa
tersebut di butuhkan,dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan para
konsumen. Dan dapan juga diketahui seberapa besar permintaan dan potensi
permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut
menurun dari konsumen.Sehingga akan mempermudah saat merencanakan strategi
bisnis dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar atau optimal. Bisa dibilang
riset pasar adalah otak dalam berbisnis, sebab inilah yang menentukan kemana
langkah strategi dalam berbisnis.
Jenis-Jenis Riset Pasar :
Dari
hasil riset pasar tersebut kamu dapat menggunakannya untuk menciptakan sebuah
usaha dan juga rencana pemasaran atau kesuksesan rencana bisnis yang telah
disusun. Perlu diketahui terdapat jenis-jenis riset pasar, diantaranya sebagai
berikut :
- Riset Primer : Adalah riset yang bertujuan mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari analisis penjualan terkini dan efektivitas yang sedang dipraktekkan sekarang. Riset ini memberikan informasi mengenai pesaing kamu. Cara dalam melakukan riset ini : Dengan interview atau wawancara baik langsung (bertatap muka) atau tidak langsung (melalui telepon).
- Riset Sekunder : Adalah riset yang bertujuan untuk menganalisis data yang sudah diterbitkan, dengan data sekunder kamu dapat menemukan pesaing, membangun tolak ukur lalu mengidentifikasi segmen sasaran. Mengumpulkan Data . Dalam mengoprasikan suatu bisnis tanpa melakukan penelitian justru bisa meberikan banyak keuntungan bagi pesaing bisnis kita. Terdapat dua macamm kategori pengumpulan data :
a. Kuantitatif adalah kategori pengumpulan data yang menggunakan analisis matemmatis dan membutuhkan ukuran sampel yang besar. Hasilnya yaitu memerangkan perbedaan yang signifikan yang terlihat dalam statistik, biasanya data ini digunakan untuk membantu dalam penyempurnaan produk atau jasa.
b. Metode Kualitatif adalah kategori pengumpulan data yang dapat membantu mengembangkan dan menyempurnakan metode kuantitatif. Data ini dapat membantu pemilik bisnis baru atau bisnis kecil untuk menemukan permasalahan yang dihadapinya, metode ini sering menggunakan teknik wawancara untuk mempelajari mengenai pendapat, prisip maupun kepercayaan para pelanggan.
Metode yang sering digunakan
dalam Riset Pasar :
Dalam
membuat riset pasar, umumnya ada tiga metode yang menjadi pilihan banyak pelaku
usaha bisnis. Berikut ini adalah metode-metode tersebut :
- Kuesioner : Dengan cara memberikan daftar pertanyaan mengenai data yang kamu perlukan untuk usaha kamu sendiri, kamu perlu menyiapkan responden yang berasal dari konsumen atau pelanggan potensial yang akan menjawab kuesioner. Biasanya agar para responden brtanggung jawab penuh dengan jawaban dalam kuesioner sebaiknya kamu memberikan imbalan yang sepadan, misalnya seperti souvenir dengan sejumlah uang.
- Riset Group : Cara ini membentuk sekelompok orang dari populasi utama pasar potensial kamu. Tugas mereka yaitu menyampaikan apa yang mereka perlukan, merasakan produk atau jasa kamu dan memberikan pendapat mengenai produk atau jasa yang mereka rasakan tadi. Mereka dapat dimintai pendapat mengenai soal apa yang perlu diperbaiki mengenai produk atau jasa anda. Dan tentunya kamu perlu menyediakan kompensasi seputar jasa dari group ini.
- Survey : Cara ini adalah cara yang paling popular. Disini kamu membuat survey dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang sederhana dan simple mengenai produk atau jasa yang akan kamu riset. Survey umumnya bersifat acak dan sering kali secara sukarela. Jadi jangan sampai pertanyaannya menyita dan menganggu. Tetapi belakangan ini istilah survey juga dapat merupakan nama lain dari kuesioner.
- Customer Relatonship Management
Manajemen Hubungan Pelanggan (bahasa Inggris:
Customer Relationship Managementdisingkat CRM) adalah suatu jenis manajemen
yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara
perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di
mata para pelanggannya.
Pengertian lain mengatakan bahwa ia adalah sebuah
sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan,
menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan
pascapenjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang
berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya
adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force),
pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field
service).
Customer relationship management adalah strategi
tingkat korporasi, yang berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan
dengan pelanggan. Beberapa paket perangkat lunak telah tersedia dengan
pendekatan yang berbeda-beda terhadap CRM. Bagaimanapun, CRM bukanlah teknologi
itu sendiri, tetapi ia adalah pendekatan holistik terhadap falsafah organisasi,
yang menekankan hubungan yang erat dengan pelanggan. CRM mengurus filosofi
organisasi pada semua tingkatan, termasuk kebijakan dan proses, customer
service, pelatihan pegawai, pemasaran, dana manajemen sistem dan informasi.
Sistem CRM mengintegrasikan pemasaran, penjualan, dan customer service dari
ujung ke ujung.
mantap
ReplyDeletekeren
ReplyDeletemenarik
ReplyDeleteijin copas admin
ReplyDeleteperfect!!!
ReplyDeleteijin share admin
ReplyDeleteijin share BOSQUE
ReplyDeleteMantap
ReplyDeleteTak share min
ReplyDeletemantap
ReplyDeleteGOOD
ReplyDeleteAPA PERBEDAAN KEINGINAN PACAR DENGAN KEBUTUHAN PACAR ?
ReplyDeletesuksema
ReplyDeletemantep
ReplyDeletegood
ReplyDeletemantap
ReplyDeleteoyaya
ReplyDeletemantap
ReplyDeleteohh begitu
ReplyDeletetak copas yaa rikkk
ReplyDeleteok
ReplyDelete