PERBEDAAN
ANTARA E-COMMERCE DENGAN E-BUSINESS
Istilah E-Commerce dan E-Business seringkali terlihat dan
digunakan untuk proses yang sama. Namun demikian, meski berhubungan, keduanya
memiliki arti yang berbeda. Awalan "e" berarti
"elektronik", yang berarti kegiatan atau transaksi yang digunakan
tanpa pertukaran atau kontak fisik. Transaksi diadakan secara elektronik atau
digital, sesuatu dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya perkembangan informasi
digital.
Pengertian E-Commerce menurut para
ahli :
Laudon
& Laudon (1998): E-Commerce
adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh
konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara
transaksi bisnis.
David
Baum (1999, pp. 36-34): E-Commerce
adalah serangkaian teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang dinamis yang
menghubungkan perusahaan, konsumen, dan masyarakat melalui transaksi elektronik
dan pertukaran elektronik barang, layanan, dan informasi.
E-Commerce berarti
transaksi bisnis melalui internet dimana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan
atau pembelian. Transaksi yang dilakukan dalam E-Commerce, pada dasarnya melibatkan pengalihan (transfer) atau penyerah terimaan (handing over) kepemilikan dan hak
atas produk atau jasa.
Pengertian E-Commerce
E-Commerce adalah
kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang
dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau
jaringan komputer lainnya. E-commerce
dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Kegiatan
E-Commerce ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari E-Bisnis (E-Business)
yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara
elektronik, SCM (supply chain management),
e-pemasaran (E-Marketing), atau
pemasaran online (Online Marketing),
pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
Pada
umumnya, ketika Anda berpikir mengenai E-Commerce,
maka hal pertama yang muncul dalam benak adalah transaksi komersial online
antara penjual dan pembeli. Namun sebenarnya masih banyak hal yang belum Anda
ketahui mengenai e-commerce, salah satunya adalah jenis-jenis e-commerce.
Setidaknya
ada tujuh jenis dasar E-Commerce atau bentuk bisnis E-Commerce dengan
karakteristik berbeda :
- Business-to-Business (B2B)
- Business-to-Consumer (B2C)
- Consumer-to-Consumer (C2C)
- Consumer-to-Business (C2B)
- Business-to-Administration (B2A)
- Consumer-to-Administration (C2A)
- Online-to-Offline (O2O)
Proses yang terdapat dalam E-Commerce :
Pihak
pemasar menggunakan situs, blog, atau forum tertentu untuk memperkenalkan
produk yang ditawarkannya. Dalam situs, blog, atau forum tersebut terdapat
fasilitas untuk melakukan pembelian secara langsung atau nomor yang dapat
dihubungi untuk melakukan transaksi. Pembeli yang tertarik melakukan pembelian
yang bisa melalui transfer bank, kartu kredit atau layanan lain transfer dana
elektronik seperti paypal dan lain-lain.
Contoh E-Commerce :
Seluruh
kegiatan jual-beli yang menggunakan internet sebagai media penghubungnya adalah
kegiatan E-Commerce. Untuk
yang besar, anda bisa merujuk dengan semakin besarnya toko online seperti
: Bhinneka, Lazada, Olx, Berniaga, Bejubel, Kaskus FJB, dll. Sekarang
orang juga banyak menggunakan Facebook, Twitter bahkan Instagram untuk
mempromosikan produk mereka, dan hasilnya relatif efektif untuk meningkatkan
penjualan. Kegiatan E-Commerce tidak
hanya berupa transaksi jual-beli di toko online, melainkan juga semua transaksi
keuangan dibank yang memanfaatkan internet sebagai medianya.
Pengertian E-Business
E-Business adalah
kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan
memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan
untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara
lebih efisien dan fleksibel. E-business
juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis
perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara
lebih baik.
E-business
berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain:
pembelian secara elektronik (electronic
purchasing), manajemen rantai suplai (supply
chain management), pemprosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan
kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi
kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan
lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
Perbedaan E-Commerce dan E-Business
:
Secara
teknis, E-Commerce hanya merupakan
bagian dari e-business karena, menurut definisi, e-business adalah semua
transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (E-Commerce), transaksi dengan produsen
dan pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi via
database terpusat juga dilakukan dalam E-Commerce.
Fungsi-fungsi bisnis hanya terbatas pada sumber daya teknologi.
E-Commerce pada
prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi. E-business, karena lebih luas, tidak
terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary). Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan
produk, manajemen pemasokan, dsb., tercakup
E-business lebih mengenai
pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu,
perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja,
e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari proses E-business , namun dalam kerangka terbatas, E-Commerce merupakan kegiatan menjual
dan membeli.
Manfaat E-Business dan E-Commerce
Manfaat E-Business
- Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
- Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
- Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
- Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
- Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
- Menekan biaya telekomunikasi.
Manfaat-manfaat
lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus,
proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan
pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya
transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitas yang lebih tinggi.
jejaring (internetworking)
memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat
menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol kualitas,
harga, dan kecepatan penciptaan sebuah roduk atau jasa kerap sangat ditentukan
oleh faktor - faktor luar yang tidak
berada di dalam kontrol perusahaan. Pembeli atau customer dapat dengan mudah
melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui internet, sehingga
tidak repot harus ke tempat hanya untuk melihat barang.
Manfaat E-Commerce
Secara
umum E-Commerce merupakan aktivitas
perdagangan melalui media internet. Manfaatnya dan keuntungannya banyak
sekali yang dapat dihasilkan, antara lainnya :
Manfaat
E-Commerce bagi konsumen :
- E-Commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hamper setiap lokasi.
- E-Commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
- E-Commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
Dalam beberapa kasus,
khususnya pada produk-produk yang digitized, E-Commerce menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
Pelanggan bisa menerima
informasi relevan secar detail dalam hitungan detik, bukan lagi menjadi hari.
- E-Commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
- E-Commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
- E-Commerce memudahkan persaingan yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
Manfaat
e-commerce bagi masyarakat :
- E-Commerce memungkinkan orang untuk bekerja didalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
- E-Commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah,sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
- E-Commerce memungkinkan orang di Negara-negara dunia ketiga dan wilayah pedesaan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa Electronic commerce. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
- E-Commerce memfasilitsi layanan public, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya bisa menjangkau pasien daerah pedesaan.
Manfaat E-Commerce bagi bisnis :
Perusahaan-perusahaan
dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas
bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan. E-Commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah
perusahaan yang elakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tersebut tidak
digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika
dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional. Singkatnya dari semua yang telah
dijelaskan dibagian atas tersebut manfaat dan keuntungan yang didapatkan dari E-Commerce adalah sebagai berikut :
- Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
- Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tampa kesalahan, tepat waktu.
- Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
keren materinya
ReplyDeleteupdate terus min
ReplyDeletemantap
ReplyDeleteupdate lagi admin
ReplyDeleteijin copas rik
ReplyDeletekeren
ReplyDeleteOke bro
ReplyDeleteIjin copas
ReplyDeletemantap
ReplyDeleteMANTAP
ReplyDeleteAASSSSIIAAPPPP
ReplyDeletemantep
ReplyDeletemantap
ReplyDeletemantap
ReplyDeletemantap
ReplyDeletemantap
ReplyDeleteoyaya
ReplyDeletemasak sih ?
ReplyDeletewee
ReplyDeletenggih jero eric
ReplyDeleteoke om
ReplyDeletemantap
ReplyDelete